NEWS
  News  EventArchive CSR

 

 

News

Tips Menjual Mobil Bekas agar Cepat Laku

 

 

Menjual Mobil BekasACC NEWS - Keinginan untuk memiliki model terbaru, menggantinya dengan yang memiliki kapasitas penumpang lebih banyak atau sebaliknya, kebutuhan akan uang, dan lain-lain dapat menjadi tujuan bagi sang pemilik mobil untuk menjual mobilnya.

Namun menjual mobil tidak sekedar menempelkan tulisan bahwa mobil ini dijual atau mengiklankannya di berbagai media. Ada beberapa tahap yang harus Anda lalui, terutama jika Anda ingin mempertahankan harga jual yang bagus dari mobil tersebut.

Berikut ini tersaji beberapa tips yang dapat menjadi panduan dalam menjual mobil bekas Anda : 

Cek Kondisi

Sebelum mengiklankan mobil Anda, lakukan beberapa persiapan agar mobil Anda tampil dalam kondisi prima dan tidak mengecewakan pembeli ataupun calon pembeli pada akhirnya.

Bawalah mobil Anda pada bengkel langganan dan lakukan pengecekan dan beberapa perawatan rutin seperti Tune Up, ganti Oli, mengganti Spare Parts yang memang sudah selayaknya diganti. Dan luangkan juga waktu untuk memeriksakan kondisi AC mobil jika dirasa kurang dingin atau  tidak bekerja sebagaimana semestinya.

Beberapa perbaikan tersebut dilakukan atas asumsi bahwa calon pembeli memiliki dana terbatas dan mendambakan mobil yang benar-benar siap untuk digunakan, tanpa harus merasa khawatir jika terjadi sebuah kerusakan saat pemakaian dijalan. Jika calon pembeli memiliki dana lebih, tentunya mereka akan menghampiri dealer untuk membeli mobil yang baru.

Selanjutnya bersihkan mobil tersebut baik bagian luar maupun bagian dalam (interior). Proses ini dapat Anda lakukan sendiri, namun agar proses pembersihan dapat dilakukan dengan lebih cepat dan menyeluruh, Anda dapat membawanya ke tempat pencucian mobil atau salon mobil. Di salon mobil, kendaraan Anda tidak hanya dibersihkan tetapi juga dilakukan pemolesan (untuk baret ringan pada permukaan cat) dan Wax untuk melindungi cat sekaligus membuatnya tampak mengkipal. 

Setelah proses kecantikan mobil selesai, maka selain mobil Anda akan tampil lebih cemerlang dan memikat dimata calon pembeli, juga mendongkrak haga jual mobil tersebut.

Cek Harga Pasaran

Carilah informasi mengenai harga jual mobil Anda dipasaran. Informasi tersebut bisa Anda dapatkan melalui berbagai sumber seperti dealer mobil bekas, koran, dan lain-lain. Setelah mendapatkannya maka tentukanlah kisaran harga mobil Anda (antara sekian sampai sekian juta rupiah) berdasarkan pertimbangan dari berbagai faktor seperti kondisi mobil, jarak tempuh (kilometer), warna body, kondisi body/chasis, kaki-kaki, electrical system, power steering, performa mesin, dll. 

Selain faktor tersebut, pertimbangkan pula riwayat perawatan kendaraan Anda serta asuransi yang masih Anda miliki. Jika Anda selalu merawat mobil Anda di bengkel resmi dengan servis record yang lengkap, tentu harga jual mobil Anda dapat lebih tinggi. 

Dan karena tawar menawar sudah menjadi hal yang sangat umum dalam menjual mobil bekas, maka jadikanlah kisaran harga tertinggi yang telah Anda tentukan sebagai harga pembuka (sebelum ditawar) dan bertahanlah pada kisaran harga terendah sebagai harga mati (tidak dapat ditawar lagi). Terkecuali jika Anda menjual mobil Anda dikarenakan kebutuhan akan uang dalam jangka waktu cepat. 

Tentukan Cara Menjual 

Setelah mobil Anda berada dalam kondisi siap jual, maka tentukanlah bagaimana cara Anda menjualnya. Dewasa ini terdapat berbagai cara untuk menjual atau mengiklankan mobil. Anda dapat menjualnya dengan cara dari mulut ke mulut (menawarkannya kepada teman, yang kemudian ditawarkan lagi kepada temannya), melalui dealer mobil bekas, surat kabar (koran), atau bahkan dengan menggunakan sarana internet dan menjualnya secara online.  

Tentunya masing-masing cara tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri. Untuk memudahkan Anda dalam memngambil keputusan dalam memilih kepada pedagang (dealer) atau pemakai (End User) Anda ingin menjual mobil Anda, maka berikut ini adalah sedikit gambaran mengenai proses yang akan Anda lalui : 

1. Menjual Kepada Pedagang (Dealer) 

Menjual ke dealer paling banyak dipilih orang saat ingin menjual mobil bekasnya. Biasanya pedagang akan membeli mobil yang ditawarkan tersebut walaupun kondisi mobil Anda tidak sempurna seperti baru. Misalnya terdapat penyok, bodi tergores, ban tipis, bahkan jika bagian ornament interior ada yang hilang atau lepas pun pedagang masih mau menawarnya. Asalkan harga yang ditawarkan sesuai, dan pada saat penjualan kembali pedagang tersebut masih mendapatkan untung. 

Bila dealer adalah pilihan Anda saat ingin melepas mobil, ada baiknya melakukan cek harga di beberapa tempat untuk mengetahui tawaran tertinggi terhadap mobil yang Anda miliki. Tujuannya, agar Anda mengerti nilai pasaran dari mobil Anda dan Anda tidak menjualnya kepada penawar termurah (jauh dibawah harga pasaran). Bahwa pedagang memiliki banyak cara agar nilai mobil konsumen menjadi rendah, merupakan hal yang sangat umum.

Kelebihan :

Menjual ke dealer atau pedagang terhindar dari repot. Jika harga mobil Anda dinilai cukup rendah, bisanya pihak dealer akan langsung mendatangi lokasi Anda. Selain iyu umumnya dealer juga menangani semua urusan dokumen mobil hingga urusan pembayaran sampai tuntas. Kelebihan lain, transaksi dengan dealer terbilang aman dan sederhana. Jadi, dengan beberapa panggilan telepon saja, mobil Anda langsung terjual.  

Kekurangan : 

Seperti yang kita ketahui, disamping kelebihan pasti ada kekurangannya. Kekurangan terbesar menjual mobil Anda melalui dealer adalah harga, yang ditawarkan relatif rendah dibandingakn harga yang sedang berlaku. 

Dealer bertindak seperti perantara dan mengambil keuntungan dari mobil yang Anda jual. Biasanya, setiap mobil yang akan dijual kembali harus menghasilkan benefit minimal Rp 2 jutaan bagi si pedagang (dealer). Namun hal tersebut dinilai wajar, karena dari keuntungan yang didapatkannya juga digunakan untuk biaya operasional seperti sewa tempat, gaji karyawan dan tagihan lainnya. 

Walau demikian mereka juga tidak luput dari resiko ketidakpastian kondisi pasar. Artinya, dealer akan mengalami defisit jika mobil tersebut tidak dapat terjual dalam waktu cepat. Satu hal perlu diperhatikan ketika akan menjual mobil Anda melalui pedagang, yaitu saat menandatangani berkas dokumen apapun harus teliti. Disamping itu Anda harus menekankan pada Dealer, bahwa semua perjanjian yang terjadi secara lisan untuk dibuatkan juga secara tertulis sesuai dengan aturan yang berlaku.

2. Menjual Kepada Pemakai (End User)

Pilihan menjual langsung ke pembeli atau pemakai (end user) adalah alternatif yang juga sedang trend dewasa ini. Proses transaksi secara hukum telah sedemikian efisien, dan dengan adanya sarana internet, maka pembeli dapat langsung berinteraksi dengan penjual tanpa harus melalui perantara. Jika memilih langkah ini, penjual perlu mengiklankan mobilnya, menyiapkan kelengkapan surat kendaraan, mengatur waktu untuk test drive dan survey bagi calon pembeli, baru kemudian transaksi. Pembayaran dilakukan dengan cara transfer via bank atau tunai di tempat. 

Dengan cara kredit mobil bekas juga dapat dilakukan melalui C2C Financing, dimana pembiayaan mobil bekas yang dapat dilakukan secara langsung tanpa melalui perantara ataupun dealer.

Kelebihan : 

Pemilik mobil dapat menjual mobilnya dengan harga yang lebih tinggi bila dibandingkan dengan menjualnya kepada dealer. Ini merupakan suatu keuntungan tersendiri bagi sang pemilik mobil. 

Kekurangan : 

Ketika melakukan transaksi antara Anda dengan calon pembeli, semua proses administrasi harus diselesaikan secara bersama-sama. Penjual harus mengurus asuransi kendaraan. Dan bila masih berjalan, maka segera dibatalkan dan membayar semua pinjamannya secara penuh. 

Setelah itu, dia juga harus mengurus proses pengalihan nama ke pemilik baru di kantor Polda setempat. Jika calon pembeli membayar dengan cara kredit, Anda sebagai penjual diharapkan dapat membantu sampai proses pinjaman bank atau jasa pembiayaan (leasing) tersebut disetujui. 

Penjualan dengan cara ini umumnya membutuhkan waktu dan biaya lebih untuk mengiklankannya. Hal ini juga disebabkan karena pencarian dari pembeli yang lebih spesifik, seperti tipe, jenis, tahun, warna, harga dan kondisi mobil. Test drive yang dilakukan calon pembeli pun tidak menjamin bahwa mobilnya pasti dibeli. 

Selain itu penjual juga harus lebih berhati-hati, contohnya pada saat melakukan test drive. Tidak menutup kemungkinan bila ada musibah yang menimpa mobil Anda, seperti kecerobohan pada saat mengemudi, ataupun kemungkinan terburuk bahwa mobil menghilang bersama dengan calon pembeli jika Anda membiarkan calon pembeli melakukan test drive tanpa pengawasan Anda.

Serah Terima

Setelah terjadi kesepakatan antara penjual dengan pembeli, maka transaksi merupakan langkah selanjutnya yang sangat penting untuk dipahami, khususnya jika Anda menjualnya langsung kepada pemakai (end user).

Sebaiknya gunakan cara pembayaran yang lebih aman, yaitu dengan melakukannya bersama melalui Bank. Dengan menggunakan cara ini maka Anda dapat meminimalisir terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan seperti penerimaan uang palsu pada saat pembayaran dengan cara tunai.

Jangan lupa untuk membuat berita acara serah terima bahwa mobil telah Anda jual dengan sah. Hal ini juga ditujukan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan di kemudian hari, misalnya sesuatu terjadi dengan mobil itu, dan Anda dicari-cari oleh pihak berwajib karena data yang ada masih menggunakan nama dan alamat Anda.

Kurangnya pemahaman mengenai pengurusan surat kendaraan, system pembayaran dan sebagainya menjadi tantangan bagi penjual pemula.

Semoga seluruh tips dan pandauan diatas dapat bermanfaat dan memperlancar proses serta transaksi penjualan mobil Anda. (accnews / disadur dari berbagai sumber / image: google.com)

 


"Anda ingin memiliki mobil idaman dengan cara kredit?  Astra Credit Companies (ACC) memberikan solusi terbaik dalam hal kredit mobil, pickup, truk dan alat berat. Segera Hubungi  ACC di (021) 7669000, dan miliki kendaraan idaman Anda sekarang juga!"


 

ACC Terima Penghargaan Top Brand Award 2012

TESTIMONIAL
  • faris ardans zagharino
    Berikut ini saya sampaikan sebagai bentuk dan wujud atas kepuasan saya terhadap pelayanan pihak acc dan proses yg sangat dipermudah sehingga hasilnya ...
  • Donny
    Waktu mobil murah ayla keluar, saya sudah jatuh cinta, sayangnya agak bingung menggunakan leasing yg mana untuk kreditnya, banyak pertimbangan dari te...