NEWS
  News  EventArchive

 

 

News

Mengenal Cara Kerja Sistem Pendingin Mobil

 

 

Temperatur Mesin MobilACC NEWSMesin mobil dirancang untuk bekerja pada suhu yang cukup tinggi, tetapi bukan berarti tanpa batas. Suhu ideal dimana mesin bekerja secara efisien adalah sekitar 93 derajat celcius. Jika melebihi suhu ideal, maka pada titik tertentu komponen logam yang bergerak dapat melunak atau bahkan melebur hingga menyatu dengan komponen lainnya. Hal tersebut akan menyebabkan berbagai masalah internal pada mesin yang akan membuat biaya perbaikan membengkak.

Untungnya mobil-mobil modern dilengkapi dengan sitem pendingin yang cerdas. Untuk mempertahankan mesin agar tetap bekerja secara konstan pada suhu ideal, maka sitem pendingin tidak hanya mencegah terjadinya overheat (terlalu panas), namun juga mencegah suhu mesin menurun. Karena jika mesin bekerja pada suhu yang rendah atau dingin, maka getaran dan polusi yang dihasilkannya pun lebih tinggi.

Sirkulasi pendinginan digerakan Pompa Air yang mengirim cairan pendingin menuju blok mesin, dimana cairan tersebut mengalir melalui jalur-jalur disekitar silinder, lalu kembali melalui jalur yang melewati kepala silinder. Termostat terletak pada bagian dimana cairan meninggalkan mesin. Jika thermostat dalam keadaan tertutup, maka cairan mengalir kembali menuju pompa air. Dan jika thermostat dalam kondisi terbuka, maka cairan mengalir menuju radiator terlebih dahulu, baru kemudian kembali ke pompa air.


Cara Kerja Sistem Pendingin Mobil


Radiator adalah penampung utama dan tempat cairan didinginkan. Pada mobil modern, umumnya radiator terbut dari aluminium dan memiliki kisi-kisi sebagai jalur mengalirnya angin. Proses pendinginan radiator ditunjang oleh kerja kipas pendingin.


Mengalirnya cairan antara radiator dan mesin diatur oleh Thermostat. Dalam keadaan dingin maka thermostat akan menutup untuk mempercepat proses pemanasan mesin mencapai suhu ideal. Pada suhu sekitar 91 derajat celcius, thermostat akan mulai terbuka dan membiarkan cairan mengalir menuju radiator untuk didinginkan. Setelah mencapai suhu sekitar 103 derajat celcius, maka thermostat akan terbuka penuh dan memungkinkan lebih banyak cairan mengalir menuju radiator agar proses pendinginan lebih cepat tercapai.

Seperti halnya thermostat, Kipas Pendingin juga perlu dikontrol untuk menjaga temperatur mesin dalam keadaan konstan. Hanya saja cara kerjanya ditentukan oleh posisi mesin, yang artinya mobil dengan tarikan roda belakang umumnya menggunakan kipas mesin, dimana kipas tersebut bekerja berdasarkan putaran mesin. Sementara mobil dengan tarikan depan menggunakan kipas elektrik, dimana kerja kipas tersebut dikontrol oleh saklar termostatik atau komputer mesin. Kipas elektrik akan berputar saat mencapai temperatur yang telah ditentukan, dan berhenti kembali saat berada dibawah temperatur tersebut.

Selain itu, yang juga memegang peranan cukup penting dalam proses pendinginan adalah Tutup Radiator. Tutup ini berfungsi untuk melepaskan tekanan yang yang dihasilkan ketika cairan pendingin mencapai titik didih. Pada saat tekanan mencapai sekitar 15 psi, maka pegas pada tutup radiator akan terdorong hingga merenggang dan membiarkan cairan panas mengalir menuju penampung sementara. Proses ini memungkinkan udara yang terbentuk didalam sistem pendingin keluar. Dan ketika temperatur radiator menurun, maka cairan pada penampung akan kembali tersedot menuju radiator untuk kembali bersirkulasi.

Demikianlah konsep dasar proses pendinginan mesin. Karena suhu pada ruang pembakaran mesin dapat mencapai sekitar 2.500 derajat celcius, maka dapat dibayangkan betapa vitalnya peran sistem pendingin pada mesin.
(accnews / various sources / image: google.com)

________________________________________________________________________________

"Astra Credit Companies (ACC), perusahaan pembiayaan kredit mobil terbaik yang memberikan solusi kepemilikan mobil baru dan mobil bekas dengan syarat ringan, proses cepat dan aman.  ACC juga menawarkan kredit mobil untuk jenis kendaraan pickup, truk dan alat berat. Gunakan simulasi kredit mobil untuk menghitung jumlah angsuran. Segera hubungi ACC di (021) 500599 dan miliki kendaraan idaman Anda sekarang juga!"


 

ACC Terima Penghargaan Top Brand Award 2012

 

READ ALSO

TESTIMONIAL
  • Yoga Permana
    Terima kasih ACC, angsuran Avanza saya sudah berjalan setahun dan semuanya berjalan dengan lancar tanpa kendala apapun. Saya merasa puas dengan pelaya...
  • faris ardans zagharino
    Berikut ini saya sampaikan sebagai bentuk dan wujud atas kepuasan saya terhadap pelayanan pihak acc dan proses yg sangat dipermudah sehingga hasilnya ...