BERITA

3 Raksasa Otomotif Jepang Bersatu Kembangkan Baterai Kendaraan Listrik

Bagikan Artikel Ini :

Nissan Leaf 2018

Toyota, Honda dan Nissan bergabung untuk mempercepat pengembangan baterai solid-state yang akan digunakan pada kendaraan listrik masa depan. Ketiga produsen mobil terbesar di Jepang tersebut akan bekerja dengan Lithium-Ion Battery Technology and Evaluation Center (Libtec) serta pembuat baterai Panasonic dan GS Yuasa.

Kemitraan ini bertujuan untuk mengembangkan baterai solid-state baru yang akan membuat perusahaan-perusahaan Jepang menjadi pemimpin dari teknologi kendaraan listrik. Pemerintah Jepang turut mendukung kemitraan ini karena Kementerian Ekonomi, Perdagangan dan Industri dilaporkan akan menyediakan dana sebesar ¥ 1,6 miliar bagi Libtec.

Baterai solid-state akan menjadi terobosan besar dibandingkan baterai lithium-ion yang umum digunakan pada kendaraan listrik saat ini. Selain menawarkan kepadatan energi yang lebih tinggi, baterai solid-state memiliki komponen yang lebih sedikit dan mereka tidak menggunakan elektrolit cair yang dapat menyebabkan kebocoran. Selai itu baterai solid-state juga lebih aman, lebih mudah diproduksi, dan lebih terjangkau dibandingkan baterai lithium-ion.

Nissan Leaf 2018

Toyota adalah salah satu perintis pengembangan baterai solid-state tetapi masih belum merilis kendaraan yang menggunakan baterai jenis tersebut. Salah satu tujuan dari kemitraan dari berbagai perusahaan adalah untuk meningkatkan kinerja baterai sekaligus memastikankemanannya.

Jika semuanya berjalan sesuai rencana, konsorsium Libtec dapat mengembangkan baterai solid-state yang akan memungkinkan kendaraan listrik untuk menempuh jarak hingga 550 km pada tahun 2025. Sedangkan target yang lebih besar kedepannya adalah mengembangkan baterai solid-state yang memungkinkan jangkauan jarak tempuh hingga 800 km pada tahun 2030.

70% dari pasar baterai otomotif global pernah dikendalikan oleh perusahaan Jepang pada tahun 2013. Namun, persaingan yang kuat dari China dan Korea Selatan telah mengikis pangsa pasar mereka menjadi hanya 41% dalam tiga tahun.

(accnews / nikkei.com)

"Astra Credit Companies (ACC), perusahaan pembiayaan kredit mobil terbaik yang memberikan solusi kepemilikan mobil baru dan mobil bekas dengan syarat ringan, proses cepat dan aman. ACC juga menawarkan kredit mobil untuk jenis kendaraan pickup, truk dan alat berat. Gunakan simulasi kredit mobil untuk menghitung jumlah angsuran. Segera hubungi ACC di 1500599 dan miliki kendaraan idaman Anda sekarang juga!"