BERITA

Konsep Transportasi Masa Depan Hyperloop One Semakin Mendekati Kenyataan

Bagikan Artikel Ini :

Hyperloop One atau yang sebelumnya dikenal sebagai Hyperloop Technologies, adalah sebuah perusahaan di Los Angeles, California, yang bertujuan untuk mengkomersilkan Hyperloop sebagai alat transportasi yang mampu mengirim penumpang atau kargo atau keduanya dengan kecepatan tinggi. Konsep transportasi Hyperloop diperkenalkan dan dinamai oleh Elon Musk pada bulan Agustus 2013, meskipun ia tidak terlibat dengan Hyperloop One.

Hyperloop One

Hyperloop menggunakan motor listrik linier untuk mempercepat dan memperlambat sebuah pod yang mengambang atau melayang secara magnetik melintasi tabung bertekanan rendah. Alat transportasi tersebut dapat meluncur dengan kecepatan hingga 1080 km/jam tanpa turbulensi dan dirancang untuk beroperasi secara otonom sepenuhnya, hening, langsung ke tujuan dan sesuai permintaan.

Beberapa minggu setelah Hyperloop One menyelesaikan uji coba skala penuh pertamanya, perusahaan di balik proyek ambisius tersebut mengirimkan sebuah pod melalui tabung sepanjang 500 meter dengan kecepatan mendekati 310 km/jam.

Hyperloop One

Menurut perusahaan, pod Hyperloop One XP-1 melayang di atas lintasan secara magnetik melalui tabung uji coba sepanjang 500 meter dengan tekanan udara yang setara dengan ketinggian 200.000 kaki atau 60,96 km di atas permukaan laut.

Hyperloop One

Walaupun kecepatan uji coba yang diraihnya  kali ini masih jauh di bawah kecepatan sesungguhnya yang ditawarkan konsep tersebut, namun dua sudh kali lebih cepat dibandingkan target 111 km/jam yang dicapai pada tahap pengujian pertama.

Hyperloop One

Dalam pernyataannya, CEO Hyperloop One, Rob Lloyd, mengatakan "Kami telah membuktikan bahwa teknologi kami bekerja dan sekarang kami siap untuk berdiskusi dengan mitra, konsumen dan pemerintah di seluruh dunia mengenai komersialisasi penuh teknologi Hyperloop kami. Kami gembira atas prospek dan sambutan dari pemerintah di seluruh dunia untuk membantu mengatasi tantangan transportasi dan infrastruktur massal mereka."

Hyperloop One saat ini sedang mengembangkan rute sistem penumpang dan kargo di Amerika Serikat, Finlandia, Swedia, Belanda dan Uni Emirat Arab. Kini juga dalam pembicaraan awal dengan pemerintah India untuk membangun satu unit di negara tersebut. Target utamanya adalah untuk menawarkan sistem Hyperloop yang dapat beroperasi sepenuhnya pada tahun 2021.

(accnews / various sources)

"Astra Credit Companies (ACC), perusahaan pembiayaan kredit mobil terbaik yang memberikan solusi kepemilikan mobil baru dan mobil bekas dengan syarat ringan, proses cepat dan aman. ACC juga menawarkan kredit mobil untuk jenis kendaraan pickup, truk dan alat berat. Gunakan simulasi kredit mobil untuk menghitung jumlah angsuran. Segera hubungi ACC di 1500599 dan miliki kendaraan idaman Anda sekarang juga!"