Mohon Tunggu
Kami sedang menyiapkan yang Anda perlukan
Kami sedang menyiapkan yang Anda perlukan
BeritaMobil Bekas
25 Maret 2025123Pembaca
Bagikan :
Sebagai pecinta otomotif, Anda pasti sudah tidak asing dengan penyebutan mobil klasik. Bagi sebagian besar orang awam, pasti akan mengira klasik, retro dan vintage mempunyai pengertian yang sama. Namun, tahukah Anda bahwa ketiga istilah tersebut nyatanya punya arti yang berbeda?
Bicara tentang mobil klasik, memang tidak akan pernah ada matinya. Walaupun usia kendaraan sudah tidak muda lagi, namun mobil klasik tetap mempunyai sisi unik dan spesial di dalamnya. Makanya, tak heran jika penggemar mobil jenis ini akan selalu ada, dan bisa saja semakin bertambah seiring dengan berkembangnya zaman
Walaupun zaman terus berkembang dan muncul berbagai jenis kendaraan yang super canggih, mobil klasik tetap punya nilai jualnya sendiri berkat keberadaannya yang langka. Bagi Anda yang baru saja jatuh cinta dengan pesona mobil klasik dan ingin mulai berburu, yuk simak dulu apa saja perbedaan mobil ini dengan istilah lainnya diatas agar tidak salah beli!
Baca Juga: 10 Mobil Klasik Yang Pernah Trend di Indonesia, Nostalgia Banget
Sebenarnya tidak ada pengertian secara resmi dan tertulis mengenai istilah penyebutan mobil ini. Namun, jika ingin memahami lebih gampang yaitu dengan mengetahui tahun berapa mobil tersebut dibuat. Setiap era kendaraan akan mempunyai penyebutan yang berbeda.
Mobil vintage adalah mobil yang ada sebelum terjadinya Perang Dunia II, yakni mengacu pada mobil yang diproduksi pada periode tahun 1919 hingga 1930. Era mobil ini mempunyai umur yang paling panjang jika dibanding lainnya.
Sumber: Otosia
Mobil ini merupakan produk Daimler-Benz yang paling mewah dan bertenaga di masanya. Dengan kapasitas mesin 6-silinder inline supercharger, Mercedes-Benz 680 S Torpedo Roadster ini mampu menghasilkan tenaga 180 hp. Desain bodi dan kabinnya yang nyaman dan mewah ini bak mobilnya para sultan di tahun tersebut. Menurut info yang beredar, saat ini Mercedes-Benz 680 S Torpedo Roadster dihargai sangat fantastis yakni mencapai USD9,029 juta, atau Rp123,8 miliaran.
Sumber: Otosia
Mobil vintage selanjutnya ada Bugatti Type 57S yang didesain oleh anak Bugatti, yaitu Jean. Karena itu, desainnya sangat berbeda jika dibanding dengan keluaran Bugatti lainnya, terlebih di suspensi dan sasisnya. Mobil ini juga dihargai sangat fantastis yakni USD8,031 juta atau setara Rp110 miliaran. Dengan bobot 1 ton dan kapasitas mesin 3.300 cc DOHC, mobil ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 175 hp.
Sedangkan, mobil klasik adalah mobil yang ada setelah Perang Dunia II, yakni mengacu pada mobil yang diproduksi dari tahun 1939 hingga 1945. Tahun 1950 sampai dengan 1970 juga masih masuk kedalam era mobil klasik.
Sumber : Classic Driver
Mobil klasik ini punya sejarah yang sangat spesial di Indonesia karena pernah digunakan oleh Bapak Ir. Soekarno. Dengan wheelbase sekitar 6 Meter serta bentuk yang khas seperti mobil-mobil keluaran Amerika membuat visualnya semakin unik. Karena digunakan untuk mobil dinas kepresidenan, aura mewah nan nyaman jelas terpancar berkat jenisnya yang merupakan limousine.
Bicara tentang spesifikasi mesinnya juga tak kalah sempurna, yakni menggunakan jenis V8 6.382cc OHV yang dapat menghasilkan tenaga 325hp pada 4.800rpm. Karena diproduksi terbatas dan sangat langka, kolektor mobil klasik Indonesia pernah mengatakan bahwa mobil ini “tidak ada nilainya”.
Sumber: Mecum
Sebagai muscle car pertama dari Amerika, Pontiac GTO 1964 ini punya desain paling eksotis di zamannya. Hal ini bisa terlihat dari desain moncong depan dan belakang yang terkesan tidak simetris. Mobil ini rencananya akan diproduksi terbatas, namun melihat peluang dan minat masyarakat yang tinggi membuat pabrikannya membuat hingga 32.000 dan sudah tersebar luas di penjuru dunia termasuk Indonesia.
Pada saat pertama kali masuk ke Indonesia, mobil ini sudah dihargai sekitar Rp 42 juta rupiah dan tergolong mahal di masanya. Namun, harga tersebut akan sebanding dengan performa mesinnya yang dapat menghasilkan tenaga hingga 348 HP. Bahkan, dari 0 sampai 60 km/jam, Pontiac GTO ini hanya memerlukan waktu 5,6 detik saja lho!
Jika mengacu ke tahun produksinya, jenis ini adalah mobil yang diproduksi pada kurun waktu 1980 hingga awal 1990 dan biasanya sudah berusia di atas 20 tahun. Era mobil retro akan terus berkembang seiring dengan pergeseran tahun dan abad.
Seri BMW ini termasuk dalam mobil sport yang dinilai mempunyai mesin yang sangat responsif dan handal di eranya, apalagi saat digunakan dalam kecepatan tinggi. Mesin yang dimiliki berkapasitas 2.500 cc, 6 silinder, M20, B25 dan mampu menghasilkan tenaga hingga 168 Ps.
Review yang dijelaskan oleh tim Setir Kanan diatas menyebutkan bahwa mobil yang diluncurkan pada tahun 1991 beda dari seri aslinya, karena retro ini telah di tuning dengan komponen Hartge oleh pemiliknya. Oleh karena itulah mengapa kendaraan ini sangat langka untuk dimiliki. Mobil yang dijuluki sebagai BMW nya “mas boy” ini dijual dengan harga di kisaran Rp 100 jutaan, harga ini bisa semakin mahal jika kondisinya masih bagus apalagi jika di tuning seperti BMW E30 diatas.
Sumber: Mecum
Mobil retro asal pabrikan Jepang ini cukup menarik perhatian sebagai mobil mewah pada zamannya. Bagaimana tidak, selain dua pintu, bagian atap kanan dan kiri penumpang dapat dibuka secara manual. Atapnya ini tidak terbuka secara keseluruhan namun ada pembatas di bagian tengahnya. Pada tahun tersebut, mobil ini sangat terkenal dan disenangi banyak orang, makanya tidak heran penjualannya mencapai 70 ribu unit.
Dibekali mesin 3.000 cc mobil ini dapat menghasilkan tenaga sebesar 162 hp.
Berkat interior dual tone bernuansa abu-abu dan krem serta diberi sentuhan hitam membuat mobil ini semakin memikat mata dan hati. Di pasaran saat ini, Nissan Fairlady 300ZX ini masih dibanderol mahal, yakni sekitar Rp 500 jutaan rupiah jika dalam kondisi baik.
Baca Juga: Rekomendasi Mobil Klasik Murah Dibawah 50 Juta
Jadi itulah penjelasan seputar mobil klasik, vintage dan retro beserta contohnya yang ada di Indonesia. Apakah Anda saat ini berencana ingin membelinya? Jika ya, maka Anda harus siap-siap merogoh kocek lumayan dalam untuk bisa memiliki serta merawat mobil tersebut.
Perawatan mobil klasik bisa dibilang juga sulit berkat ketersediaan sparepart dan aksesoris yang biasanya juga langka. Inilah mengapa biaya untuk mendapatkan mobil ini tidak murah. Nah, solusi terbaik bagi Anda yang mungkin membutuhkan tambahan dana bisa mempertimbangkan produk Fasilitas Dana ACC ONE. Bukan cuma bisa untuk membiayai hobi otomotif saja, produk ini juga cocok untuk kebutuhan mendesak lainnya seperti pinjaman modal usaha, biaya berobat, biaya pendidikan anak, dll.
Bagi Anda yang gemar berbelanja dan bertransaksi lewat marketplace, Fasilitas Dana juga sudah tersedia di Tokopedia lho! Pinjam dana sekarang bisa semakin mudah dan praktis lewat ACC ONE!
"Astra Credit Companies (ACC) merupakan perusahaan pembiayaan yang memberikan solusi untuk kredit mobil baru, mobil bekas, truk, alat berat, dan fasilitas dana dengan syarat yang mudah, proses cepat dan aman. Gunakan simulasi kredit mobil untuk menghitung jumlah angsuran. Segera hubungi ACC di 1500599 dan #WujudkanImpian Anda sekarang juga!"
#mobilbekas
#klasik
#retro
#vintage
Berita Lainnya
Lihat semua