BERITA

Kredit Dengan Jaminan, Cek Apa saja Yang Bisa Digunakan Sebagai Jaminan

Bagikan Artikel Ini :

Kredit Dengan Jaminan

Seperti namanya kredit dengan jaminan atau istilah lainnya adalah kredit dengan agunan, adalah kredit pinjaman yang diberikan, baik oleh pihak bank atau lembaga keuangan,  dimana pihak nasabah atau calon kreditur, akan memberikan jaminan sebelumnya. Adapun jenis jaminan yang biasanya digunakan cukup beragam, antara lain :

Properti
Properti adalah salah satu jaminan yang paling banyak digunakan dalam kredit dengan jaminan. Adapun produk properti umumnya digunakan sebagai jaminan pun cukup beragam, mulai dari rumah, tanah, sawah, ruko, gedung, gudang atau yang lainnya.

Kemudian pihak bank atau lembaga keuangan akan melakukan survei, ke lokasi yang dimaksud, untuk menilai besaran nilai jaminan tersebut. Pastikan aneka surat menyurat yang melengkapi properti tersebut lengkap.

Kendaraan Bermotor
Selain properti, jaminan lain yang biasanya digunakan adalah kendaraan bermotor, muai dari motor, mobil dan yang lainnya. Jaminan yang dimaksud di sini bukan kendaraannya, namun BPKB asli.

Dalam hal ini pihak kreditur akan mengecek kendaraan yang akan digunakan sebagai jaminan. Semakin muda usia kendaraan, maka akan semakin besar pula nilai pinjaman yang akan diperoleh, demikian pula sebaliknya. Usia mobil maksimal sekitar 15 tahun, mobil yang dimaksud di sini adalah mobil yang umum dikendarai. Seperti sedan, jeep dan yang lainnya.

Produk Investasi
Selain kredit jaminan BPKB, Anda juga dapat menggunakan jaminan berupa produk investasi, seperti surat berharga, deposito, saham, dan yang lainnya. Walaupun tidak sepopuler lainnya, namun mengajukan pinjaman dengan jaminan ini juga tetap diperbolehkan.

Logam Mulia
Jaminan emas, adalah salah satu yang cukup banyak  digunakan. Sudah sejak dahulu jaminan yang satu ini paling sering digunakan. Dibanding jaminan lainnya, pinjaman dengan jaminan emas ini mempunyai syarat yang sangat mudah untuk dilakukan.  Bahkan penyedia layanan pinjaman dengan jaminan emas, lebih banyak dibanding jaminan lainnya. semakin besar nilai emas yang Anda miliki, maka akan semakin besar pula nilai pinjaman yang akan Anda dapatkan.

Surat Keterangan Pengangkatan Pegawai
Jika Anda adalah karyawan tetap di sebuah perusahaan atau bahkan Anda seorang pegawai Negeri Sipil yang sudah mempunyai SK. Maka Anda dapat menggunakan surat tersebut untuk mengajukan pinjaman.
Secara tidak langsung adanya surat tersebut, yang akan menandakan bahwa Anda mampu membayar cicilan atau angsuran yang disepakati bersama. Agunan dengan menggunakan SK ini adalah hal yang umum dilakukan di kalangan Pegawai Negeri Sipil dan juga Karyawan perusahaan Tetap.

Selain beberapa agunan yang telah disebutkan di atas, sebenarnya masih ada beberapa agunan lain yang dapat dijadikan sebagai jaminan, walaupun terbilang jarang dilakukan Adapun agunan yang dimaksud, antara lain mesin pabrik, hasil kebun dan ternak, dll. Demikianlah beberapa ulasan tentang jaminan atau agunan yang dapat Anda gunakan, ketika akan mengajukan  kredit dengan jaminan kelak

(accnews)

"Astra Credit Companies (ACC), perusahaan pembiayaan kredit mobil terbaik yang memberikan solusi kepemilikan mobil baru dan mobil bekas dengan syarat ringan, proses cepat dan aman. ACC juga menawarkan kredit mobil untuk jenis kendaraan pickup, truk dan alat berat. Gunakan simulasi kredit mobil untuk menghitung jumlah angsuran. Segera hubungi ACC di 1500599 dan miliki kendaraan idaman Anda sekarang juga!"